Sunday, October 30, 2016

Manfaat Buah Alpukat

Manfaat Buah dan Sayuran - Alpukat atau avokad merupakan penamaan dari buah alpukat yang berasal dari bahasa Inggris Avocado. Alpukat adalah buah dari famili Lauraceae bergenus Persea. Nama latin buah alpukat adalah Persea americana.

Jika melihat dari nama latinnya, sudah jelas sekali bahwa buah alpukat ini sebenarnya bukan buah yang berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko.  Nama buah alpukat atau apokat pertama kali dikatakan oleh penduduk Suku Aztek yang tinggal di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Tumbuhan ini telah diperkenalkan kepada penduduk Eropa tengah abad ke-16 oleh Martin Fernandez de Enciso, seorang pemimpin pasukan Spanyol saat menjajah Amerika Tengah.

Buah alpukat yang ada di Indonesia adalah buah yang sama seperti di Amerika Tengah dan Meksiko. Buah alpukat didatangkan pada masa penjajahan Belanda. Pohon alpukat dapat mencapai ketinggian 20 m. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.


Buah Alpukat

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Manfaat Buah Alpukat
Buah alpukat memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia, tidak hanya untuk dikonsumsi. Dalam dunia industri, biji buah alpukat digunakan untuk pewarna pakaian yang tidak mudah luntur. Pada bagian kulit pohon terdapat senyawa yang akan memberikan warna cokelat suatu material atau bahan, biasanya perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk berbahan kulit memanfaatkan kulit pohon alpukat sebagai pewarna cokelat.

Dalam dunia farmasi, daun alpukat sangat bermanfaat untuk mengobati kencing batu dan nyeri yang terjadi pada syaraf lambung. Ramuan herbal yang berbahan dasar daun alpukat juga dapat mengobati sakit kepala, darah tinggi, pemebengkakan saluran napas dan haid yang kurang teratur. Sementara bagian biji yang kerap dijadikan pewarna pakaian juga bisa diracik sebagai obat sakit gigi dan diabetes.

Pada bagian daging buah alpukat, banyak sekali kandungan gizi yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Khasiat buah alpukat khususnya bagian dagingnya ini tergolong sangat bervariasi mulai dari untuk penyakit yang sederhana dan penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker yang tidak hanya kita peroleh dari manfaat kulit manggis dan manfaat sirsak.

Beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalam buah alpukat antara lain:
  • Lemak sehat: Tidak selamanya lemak dapat Anda jadikan kambing hitam penyebab obesitas atau kegemukan pada tubuh Anda. Perlu Anda ketahui, di dalam buah alpukat juga terdapat lemak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Lemak yang terdapat pada buah alpukat berbeda dengan lemak yang terdapat pada hewan seperti daging sapi, daging ayam dan lemak hewani lainnya. Lemak yang terdapat di dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal berupa asam oleat. Lemak tak jenuh pada alpukat dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kolesterol jahat dalam darah yang menyebabkan kegemukan yang memicu resiko penyakit stroke dan serangan jantung.
  • Protein: Setiap alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein, kandungan ini jauh lebih banyak dibandingan dengan buah lain.
  • Gula: Gula yang terdat di dalam buah alpukat kadarnya sangat kecil sekali, sehingga apabila Anda memakannya secara langsung, rasa pahit akan terasa di lidah Anda. Kada gula yang terdapat pada buah alpukat kurang lebih sebesar 0.2 g, jadi tidak terlalu berbahaya untuk anda yang khawatir akan gula darah.
  • Vitamin dan Mineral: Seperti halnya dengan buah-buah yang lainnya, buah alpukat juga memiliki vitamin dan mineral yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Buah alpukat memiliki kandungan kalium (Kandungannnya lebih besar daripada pisang). Selain itu, alpukat kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E.2
  • Serat: Buah alpukat memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Kurang lebih sekitar 11gr serat yang terkandung di dalam buah alpukat. Sehingga apabila Anda mengkonsumsi satu buah alpukat, setengah serat harian yang diperlukan oleh tubuh Anda telah terpenuhi.

Selanjutnya mari kita bahas satu per satu manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh manusia. Pada bagian daing buah, beberapa manfaat yang diperoleh apabila dikonsumsi oleh manusia antara lain:

Mempercepat Penyerapan Nutrisi
Mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu Anda memperlancar pencernaan karena buah alpukat dapat mempercepat penyerapan nutrisi dan sari-sari makanan yang Anda konsumsi. Sehingga penyerapan nutrisi akan lebih efektif apabila mengkonsumsi makanan yang dipadukan dengan alpukat.

Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan lutein dalam buah alpukat merupakan kadar lutein terbanyak dibanding buah-buahan lain yang sama-sama memiliki keistimewaan dalam menopang kesehatan manusia.

Lutein adalah bagian dari karotenoid yang secara alami diproduksi di kloroplas dan chromoplasts tanaman. Lutein bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan daya penglihatan manusia. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingginya kadar lutein dalam alpukat dapat mengecilkan risiko kelainan pada mata khususnya degenerasi makula dan katarak. Lutein merupakan antioksidan alami yang dapat membantu memelihara kesehatan mata seiring bertambahnya usia.

Dikutip dari Avocado Central, lutein tidak bisa disintesa oleh tubuh. Sehingga perlu asupan lutein dari luar untuk pemenuhannya. Tetapi timbul kabar baik, bahwa alpukat menjadi solusi dari masalah ini. Anda bisa memperoleh lebih banyak lutein dari alpukat. Sekitar 81 mikrogram lutein tersimpan dalam satu ons buah alpukat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lutein terbukti terkonsentrasi pada makula mata yang dapat membantu menjaga penglihatan agar tetap sehat meski di usia senja. Jadi, bila Anda ingin tetap normal melihat indahnya alam pemberian Tuhan, maka rawatlah kesehatan mata dengan rutin mengonsumsi buah alpukat.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker
Menurut dokter, dalam tubuh setiap manusia terdapat sel kanker yang suatu saat bisa tumbuh, tergantung kondisi kesehatan tubuh masing-masing dan bagaimana cara seseorang memelihara kondisi kesehatan tersebut tetap stabil.

Sementara kaitannya dengan buah alpukat adalah dengan bantuan beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya mampu menghambat sel kanker serta mencari sel kanker yang baru timbul dan begitu ditemukan langsung dihancurkan tanpa memberikan dampak buruk terhadap sel-sel kesehatan aktif lainnya.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Penyakit seperti Familial hypercholesterolemia (FH), Xanthomas dan gagal jantung adalah jenis penyakit yang akan menjangkiti seseorang jika kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya melebihi jumlah HDL (kolesterol baik).

Mengetahui buruknya hal tersebut akhirnya para ahli melakukan penelitian terhadap 45 orang dengan jumlah LDL tinggi untuk diperintah makan buah alpukat dalam kurun waktu satu minggu. Alhasil mereka yang benar-benar rutin makan buah alpukat dalam waktu satu minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 17% tanpa mengurangi kadar kolesterol yang baik bagi kelangsungan fungsi organ jantung.

Sumber Glutathione Antioksidan
Glutathione atau disingkat GSH merupakan ibu dari segala jenis antioksidan. Sel-sel di dalam tubuh sangat menaruh harapan pada kinerja master antioxidant ini. Salah satu manfaat dari GSH adalah anti-aging dengan cara meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh, terutama pada kulit, sehingga meminimalisir timbulnya kerutan pada wajah dan bagian tubuh lain.

Baca juga buah yang mengandung antioksidan:
  1. Buah manggis
  2. Buah kiwi
  3. Buah naga

Dikutip dari situs Merdeka, alpukat merupakan salah satu buah dari deretan sumber utama glutathione. Nama lain yang hadir adalah asparagus, bayam, dan sayur brokoli. Semua buah dan sayur segar dapat meningkatkan kadar glutathione, khususnya sayuran seperti kubis, tauge, dan kubis. Anda juga bisa melakukan mixing nutrition untuk mendapatkan glutathione lebih maksimal. Misalnya, dengan menikmati makan malam dengan salad sayur, telur, dan jus alpukat.

Baca juga:
Manfaat buat naga

Mengandung Potassium
Potassium tergolong ke dalam mineral yang dimanfaatkan oleh saraf otonom pengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologis penting lain. Buah yang digadang-gadang mengandung potassium selama ini adalah buah pisang, tetapi fakta membuktikan bahwasanya alpukat ternyata lebih banyak mengandung potassium daripada pisang. Sekitar dua kali lipat (975 mg) lebih banyak kandungan potassium buah alpukat dibanding pisang.

Manfaat potasium pada buah alpukat yang berfungsi untuk kesehatan tubuh antara lain:
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Membantu mengurangi rasa nyeri otot akibat latihan atau olahraga, seperti lari jarak jauh dan fitness
  • Memelihara kestabilan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh

Tinggi Protein dan Lemak Tak Jenuh
Alpukat menyimpan sekitar empat gram protein pada satu buahnya. Angka tersebut bisa menyuplai kebutuhan protein harian tubuh manusia. Disamping itu, juga terdapat lemak baik yang bisa menggantikan makanan kesukaan Anda yang nyatanya banyak mengandung lemak jahat pemicu kolesterol dan penyakit. Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai pengganti protein hewani seperti telur setiap paginya.

Menurut USDA MyPlate dan Dietary Guidelines for Americans, alpukat menyediakan asam amino yang peranannya serupa seperti potassium. Yaitu membantu membangun dan memelihara otot serta jaringan-jaringan tubuh.

Sangat Baik untuk Bayi dan Ibu Menyusui
Seperti yang kita ketahui bahwa daging alpukat begitu lunak sehingga balita-pun tidak kesulitan ketika mengonsumsinya.

Memberi asupan sehat sejak usia dini merupakan langkah tepat untuk menciptakan generasi penerus yang sehat dan cerdas. Sebagai orang tua, sudah pasti harus memikirkan masa depan anak. Oleh sebab itu, awali dengan pemilihan nutrisi sehat secara cermat, Berikan sang anak nutrisi sehat dari makanan yang nanti akan dijadikan kesukaannya, seperti buah alpukat.

Jangan terlalu 'mencekoki' dengan dalih agar suka, tetapi lakukan secara perlahan. Jika sang buah hati mulai jenuh mengonsumsi bubur alpukat, Anda bisa mencari resep membuat makanan sehat pendamping ASI berbahan dasar alpukat.

Berikut ini resep kreasi alpukat untuk bayi:
  • Siapkan 1/8 buah alpukat matang dan segar, buah pisang tumbuk (bisa diganti dengan pir), dan yoghurt bayi rasa apapun.
  • Dalam wadah kecil seperti piring, tumbuk alpukat dengan buah lain, tuang yoghurt dan aduk.
  • Sajikan ketika sang pelita hati sedang asyik bermain.

Memelihara Berat Badan
Anda sedang menjalankan diet rendah kalori? Tambahkan alpukat ke dalam daftar menu harian Anda.

Avocado Central menjelaskan bahwa proses pemeliharaan berat badan bisa dibantu dengan buah alpukat. Alasannya karena bebas kolesterol dan rendah kalori, serta kehadiran buah yang baik untuk diet ini dapat menggantikan sumber lemak lain.  Ketika dikonsumsi, alpukat akan menyalurkan sekitar 20 vitamin, mineral, dan fito-nutrien yang menunjang diet rendah kalori seseorang.

Jika Anda seorang pria yang sedang fokus menguruskan badan, kolaborasikan buah alpukat dan telur. Jadikan telur dan jus alpukat sebagai teman sarapan. Telur akan menyumbang protein berkualitas tinggi yang siap mendorong perbaikan dan pertumbuhan jaringan otot. Sementara alpukat memberikan 8% kebutuhan lemak tak jenuh tunggal harian Anda, sekitar 3 gram.

Manfaat buah alpukat bagi kecantikan tentu mengharuskan Anda melakukan perawatan secara rutin. Sebagia contoh untuk scrub tangan dengan tujuan menghaluskan kulit lantaran nutrisi maupun senyawa di dalamnya yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan kulit, sama halnya dengan manfaat minyak zaitun.

Menjaga kesehatan kardiovaskular 
Penelitian telah menunjukan bahwa konsumsi omega-6 merupakan faktor penting dalam penyakit kardiovaskular. Mereka menyarankan menurunkan asupan lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan yang kita konsumsi.

Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Anti inflamasi
Kemampuan alpukat untuk membantu mencegah peradangan yang tidak diinginkan benar-benar tidak diragukan lagi dalam dunia medis, karena telah ditunjang dalam berbagai penelitian. Istilah “anti-inflamasi” adalah istilah yang benar-benar berlaku untuk buah lezat ini. Nutrisi anti-inflamasi Alpukat yang jatuh ke dalam lima kategori dasar:
  • Pitosterol, termasuk beta-sitosterol, stigmasterol, dan campesterol
  • Antioksidan karotenoid, termasuk lutein, neoxanthin, neochrome, chrysanthemaxanthin, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, violaxanthin, beta-karoten dan alpha-karoten
  • Antioksidan lainnya (non-karotenoid), termasuk flavonoid epicatechin dan epigallocatechin-gallate 3-0, vitamin C dan E, dan mineral mangan, selenium, dan seng
  • Asam lemak omega-3, dalam bentuk asam alpha-linolenic (sekitar 160 miligram per cangkir irisan alpukat)
  • alkohol lemak polyhydroxylated (PSA)
Sehingga sangat cocok untuk dimanfaatkan untuk anti inflamasi.

Mengurangi resiko stroke
Kandungan asam folat dalam alpukat dapat melindungi dan mencegah penyakit stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi asupan kaya folat memiliki resiko yang lebih rendah terserang stroke

Mencegah terjadinya cacat lahir
Alpukat kaya akan folat, vitamin B merupakan salah satu vitamin yang dikenalsebagai asam folat. Satu buah alpukat dapat memenuhi sekitar 23% dari nilai harian yang direkomendasikan. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida.

Mencegah radang sendi dan encok
Penyakit ini lebih sering menyerang anda yang sudah mulai berumur, Osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan sendi dan rasa nyeri yang hebat. Alpukat memiliki zat anti-inflamasi yang merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit arthritis. 

Manfaat Alpukat Untuk Rambut
Alpukat untuk rambut sudah lama digunakan di berbagai negara, pelopornya adalah penduduk mesir kuno. Penggunaan alpukat untuk rambut dapat digunakan sebagai creambath. Manfaat creambath sendiri dapat membantu untuk menghitamkan rambut, membuat rambut sehat berkilau.

Cara Penggunaannya:
  • Sediakan 1 buah alpukat matang
  • Haluskan / jus tanpa campuaran apa pun.
  • Bilas pada rambut langsung
  • Biarkan 15 menit
  • lalu bilas hingga bersih.
 
Alpukat Untuk Diet
Masih banyak khasiat alpukat untuk diet yang dapat kita gunakan agar tidak salah persepsi, umumnya orang bilang alpukat dapat menambah berat badan secara drastis ? apakah hal tersebut benar ? belum tentu. Alpukat sangat cepat mengenyangkan yang berarti membuat tubuh anda lebih kenyang hingga dalam konsumsi makanan utama lebih sedikit. Lalu bagaimana tipsnya untuk diet.
  • Konsumsi alpukat sebelum makan
  • Lakukan secara rutin, pagi, siang, malam, sebelum makan
  • Jangan campurkan dengan gula berlebihan
  • Jangan jampurkan dengan susu.
  • Makan langsung tanpa jus akan sangat membantu


EmoticonEmoticon