Saturday, November 5, 2016

Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah - Manggis atau dalam bahasa lating disebut dengan Garcinia mangostana, merupakan sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropis. Pohon manggis dipercaya berasal dari salah satu kepulauan yang ada di Indonesia. Pohon manggis dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 7-25 meter.

Manggis pada umumnya akan tumbuh pada iklim tropis yang memiliki suhu hangat dan stabil. Apabila suhu di bawah 0 °C (32 °F) mengenai pohon manggis dalam jangka waktu yang lama, akan membunuh tanaman yang telah dewasa.

Manggis bersifat apomiksis obligat, biji tidak berasal dari fertilisasi dan diduga mempunyai keanekaragaman genetik sempit, sehingga diperkirakan manggis di alam hanya satu klon dan sifatnya sama dengan induknya. Kenyataan di lapang menunjukkan adanya keanekaragaman tanaman manggis yang mungkin disebabkan faktor lingkungan mau pun faktor genetik akibat mutasi alami sejalan dengan sejarah tanaman manggis yang telah berumur ribuan tahun.


Buah manggis yang masih muda tidak terlalu membutuhkan pupuk untuk dapat tumbuh. Pohon manggis saat pertama kali tumbuh akan berwarna hijau pucat. Saat buah membesar selama 2 hingga 3 bulan ke depan, warna kulitnya akan menjadi hijau gelap. Pada periode ini, pertumbuhan ukuran buah dapat meningkat hingga kulitnya berukuran 6–8 cm (2,4-3,1 inchi) dengan diameter luar, akan tetap keras hingga pematangan akhir tiba.

Di Indonesia, buah manggis sering dikenal dengan istila ratu buah dan juga sebagai pendamping raja buah yaitu Durian. Buang manggis memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam buah manggis terdapat antiinflamasi dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh sebagai anti kanker. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Baca juga:
  1. Manfaat buah alpukat
  2. Manfaat buah kiwi
  3. Manfaat buah naga

Tidak hanya pada daging buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, pada kulit buah manggis juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada kulit manggis terdapat berbagai polifenol, termasuk xanthones dan tanin yang menjamin astringent dapat menghambat perhatian serangga, jamur, virus tanaman, bakteri dan pemangsa hewan, pada saat buah belum matang.


EmoticonEmoticon